Ikan Maingano Cichlid


Ikan Maingano Cichlid

Ikan Maingano Cichlid, Melanochromis cyaneorhabdos, berasal dari perairan dangkal Danau Malawi, Afrika. Ikan ini adalah warna biru tua dengan garis-garis biru horizonal ringan. Betina akan memiliki perut berwarna lebih ringan dan sirip perut lebih pendek.

Ikan Maingano Cichlid terbiasa hidup di perairan dangkal danau dengan suhu air sekitar 24 - 28 derajat celcius, pH 7.8 - 8.6 dan panjang maksimal bisa mencapai 12 cm.
 
Ikan Maingano Cichlid

Bagi pecinta ikan hias dan ingin mencoba memelihara maka dapat mempersiapkan aquarium besar dengan banyak gua dan tempat persembunyian yang ideal untuk ikan ini. Substrat berbasis aragonit dianjurkan untuk mempertahankan pH tinggi.

 Ikan Maingano Cichlid

Untuk hasil terbaik dalam pemijahan, pejantan Ikan Maingano Cichlid harus dipelihara dengan setidaknya tiga betina. Ikan betina akan bertelur di atas batu datar, dan akan mengambil telur yang tidak dibuahi ke dalam mulutnya dan akan mengikuti dekat di belakang laki-laki sampai ia melepaskan sperma untuk membuahi telur. Betina kemudian akan menetaskan telur selama kurang lebih tiga minggu sebelum melepaskan goreng. Goreng tersebut kemudian diberi makan yang baru menetas udang air asin, daphnia, atau dihancurkan serpihan makanan.
 
Ikan Maingano Cichlid perlu diberi makan makanan yang kaya sayuran dalam bentuk serpihan makanan, rumput laut kering, dan ganggang.

Ikan Maingano Cichlid Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown