Tips Memelihara Ikan Komet


Pemeliharaan ikan hias yaitu di antara usaha agribisnis yg amat luas prospeksi di Indonesia, dimana dipandang dari makin banyak orang yg menfokuskan usaha pemeliharaan ini. Di antara ikan hias yg mungkin utk dipemeliharaankan yaitu ikan komet. 

Yang memiliki nama latin Langkahssius Auratus ini adalah ikan yg mgampang dlm pemeliharaanya serta bisa dipelihara di akuarium ataupun kolam tanah. Di karenakan kemudahannya tsb, pemeliharaan ikan hias air tawar selanjutnya dapat berikan kehidupan untuk beberapa orang yg pelihara ikan komet ini. 

Memiliki buntut panjang dng warna cerah ikan komet dapat memetik popularitas kurun waktu singkat. Dahulu peminatn di antara type ikan hias yg namanya dicomot dari nama benda angkasa (Komet Helley) ini amat banyak, sampai alami booming. Lalu, perlahan namun pasti, pasarnya menghilang. Namun, saat ini, tak tahu kapan tepatnya, beberapa orang mulai melirik lagi ikan yg dikembangbiakkan di Amerika Serikat pd akhir era ke-19 ini. 

Di Bandar Lampung, kita bisa menjumpai pehobi sekalian pempemeliharaan yg menfokuskan usaha ikan hias ini, yakni Abdul Malik (45). Di sampaikan olehnya, nilai ekonomis ikan hias lebih tinggi dari pada ikan yang lain seperti type mengonsumsi. 

Di antara factor mutlak saat mempemeliharaankan ikan hias ini terdapat pd langkah pembenihannya. Dengan pembenihan yg berkwalitas serta kontinyu dapat berikan hasil yg optimal dlm pemeliharaan ikan hias ini. 

Tetapi dibalik semua kelebihannya, ikan komet terhitung ikan yg sukar dikerjakan waktu pemijahan. Ikan ini terhitung ke dlm grup ikan hias air tawar, yg tak pelihara telurnya. Jadi telur yg dikeluarkan oleh induk ditempatkan pd substrat (landasan). 

Sbg ikan hias sudah pasti ikan komet memiliki sebagian berlebihan dibanding dng ikan yg dikonsumsi. Contohnya, dipandang dari ekornya, ikan komet memiliki ekor yg lebih panjang serta indah dari pada ikan biasanya. 

Ikan komet juga memiliki warna yg bagus yakni perpaduan pada merah keoranyean dng putih. " Ikan komet di kenal memiliki ketahanan tubuh yg tambah baik dibanding ikan maskoki, di karenakan ia adalah strain atau keturunan ikan maskoki, " jelas pria 45 th. tsb. 

Perbedaan utama dng ikan maskoki terdapat di ukurannya yg semakin besar dari ikan mas serta ada tonjolan daging (sungut) kecil diatas lubang hidungnya. Kian lebih itu seluruh, harga ikan komet relatif murah dibanding ikan maskoki, hingga diminati customer ikan hias. 

Ikan komet memiliki ukuran tidak kian lebih sbh jari orang dewasa. Ukuran terbesar yaitu sebesar empat jari orang dewasa. Di dalam pemasarannya, yg memiliki ukuran dua jari yg lebih diminati beberapa penjual ikan hias. Di karenakan besar kemungkinan hal semacam ini terkait dng ukuran akuarium penghobi. 

Karenanya pulalah, ikan komet memiliki ukuran dua jari bernilai jual lebih tinggi dari pada yg memiliki ukuran sejari, walau beberapa penjual ikan hias juga terima ikan komet seukuran jari orang dewasa. Sebatas info, ikan komet sebesar dua jari dijual dng harga Rp 2. 500 per ekor, namun yg seukuran jari cuma Rp 1. 000 per ekor. Harga-harga ini adalah harga dari petani ikan komet. 

Tips Memelihara Ikan Komet Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown