Mewaspadai Parasit pada Ikan Hias

parasit ikan

Mewaspadai Parasit pada Ikan Hias | Mini Akuarium -Kutu ikan (Argulus). Adalah parasit yang berupa bulat pipih seperti kutu. Kutu ini hidup dari mengisap cairan badan ikan lewat alat pengisap di mulutnya. Siklus hidupnya dapat kian lebih 30 hari. Kutu dewasa bakal bertelur serta telurnya bakal menempel pada tanaman air atau benda lain. Larvanya bakal tumbuh jadi dewasa serta jadi parasit untuk ikan. 

Tanda-tanda ikan yang terkena penyakit ini terlihat terang ada kutu yang melekat di kulit ikan, terlebih di daerah kepala. Diluar itu, ikan bakal jadi kurus serta pucat. Ikan yang pernah diserang parasit ini umumnya bertubuh lebih hitam serta jadi tak menarik. Bila ikan telah diserang, penyembuhan bisa dikerjakan dengan perendaman ikan dalam larutan garam dapur 20 g/l, atau PK 2-5 mg/l sepanjang 30 menit. Perlakuan penyembuhan mesti dikerjakan sehari-hari sampai kutu ikan betul-betul habis. 

Tanda-tanda Klinis 

  • Dengan cara visual terlihat seperti kutu yang melekat pada badan ikan, desertai dengan perdarahan di seputar tempat gigitannya 
  • Iritasi kulit, hilang keseimbangan, berenang zig-zag, melompat ke permukaan air, serta menggoso-gosokan tubuhnya pada benda keras di sekitarnya 

Diagnosis 
Dengan cara visual tampak ada parasit pada badan ikan 

Pengendalian
  • Pengeringan basic kolam yang diikuti dengan pengapuran 
  • Perendaman dalam larutan Dylox pada dosis 0, 25 ppm sepanjang 24 jam atau lebih di kolam 
  • Perendaman dalam larutan Trichlorfon 2-4 ppm sepanjang 24 jam 
  • Perendaman dengan larutan Amonium Klorida (NH4Cl) pada dosis 1, 0-1, 5% sepanjang 15 menit, atau garam dapur pada dosis 1, 25% sepanjang 15 menit.

Mewaspadai Parasit pada Ikan Hias Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown