Ikan Penipu : Ikan Marble


 
Perairan Indonesia benar-benar kaya bakal keragaman hayatinya. Satu diantaranya yaitu ikan penipu ulung yang beberapa waktu terakhir diketahui di perairan Sulawesi. Ikan penipu ini sungguh ulung, lantaran bisa mengelabui gurita (master penipu). Pengertian penipu disini terkait dengan keunggulan kamuflase hewan perairan. Sebagian hewan perairan memiliki keunggulan berakting seperti spesies lain hingga terlepas dari pemangsa atau predator.

Ikan penipu itu diketahui oleh penyelam Godehard Kopp saat tengah menyelam di Selat Lembeh, Sulawesi Utara. Ikan penipu itu diprediksikan adalah Black-marble Jawfish.

Marblefish (ikan Marble)

ikan marble Juga di ketahui untuk, Maori Chiefs yang besar serta menggunakan sirip mereka panggul serta dubur untuk alat peraga untuk beristirahat saat dibagian bawah.. They are herbivorous, found in the kelp and are slimy to touch. Mereka yaitu herbivora, diketahui di rumput perairan serta adalah berlendir menyentuh. Kopp merekam tingkah laku ikan penipu itu. Dalam rekamannya, ikan penipu itu tengah ada di dekat Gurita Penyamar (Thaumoctopus mimicus), satu diantara master kamunflase dengan kata lain penipu spesies lain.
Menipu ala gurita

Ikan penipu terlihat ikuti ke mana juga gurita pergi. Ikan itu juga terlihat seperti tentakel gurita penyamar. Ia bergerak ikuti ke mana juga sang gurita penyamar pergi. walhasil, ikan penipu itu berhasil mengelabuhi gurita penyamar yang tidak mengerti bahwasanya di dekatnya ada spesies tidak sama yang barangkali saja bisa jadikan mangsa.

Ikan Penipu : Ikan Marble Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown