Parasit pada Ikan Hias



Parasit adalah hewan penggangu ketenangan hidup ikan, oleh karenanya sangatlah utama untuk pembudidaya ikan untuk melindungi ikan peligharaannya supaya tak terjangkit penyakit parsit. tersebut saya paparkan sebagian parasit yang umum menyerang ikan Hias

Kutu Ikan

Parasit kelompok kutu, wujud fisiknya seperti Argulus yang disebut kelompok Crustacea, banyak menyerang pada pendederan ikan. Parasit ini berupa pipih seperti kutu, memiliki ukuran 2–3 mm, melekat pada permukaan badan ikan terlebih di bagian kulit serta sirip. Serangan dalam jumlah besar bakal menyebabkan kematian, lantaran parasit ini menghisap darah ikan serta menyebabkan badan mangsanya berlubang, hingga ikan mudah terkena infeksi sekunder yakni jamur serta bakteri.

Tanda-tanda yang nampak diantaranya : ikan berenang lambat, nafsu makan menyusut, sisik mudah terlepas, insang berwarna merah pucat, ada luka di bagian badan ikan serta kerap menggesek-gesekkan badannya ke segi jaring/bak atau berenang miring seakan-akan ikan terasa gatal.

Pencegahan yang bisa dikerjakan untuk menghindar serangan parasit ini yaitu dengan memisahkan ikan yang diserang dari ikan yang sehat, supaya tak tertulari. Sekurang-kurangnya dua minggu sekali ikan di rendam dalam air tawar sepanjang 10–15 menit. Pada saat perendaman, parasit yang melekat bakal terlepas serta mati. Parasit yang mati bakal tampak terang yakni berwarna putih transparan. Penyembuhan ikan yang baru.

Cacing Pipih

Type cacing pipih yang umumnya menyerang yaitu Diplectanum sp. yang disebut kelompok Trematoda. Tanda-tanda yang nampak yaitu : nafsu makan menyusut, warna pucat baik pada badan ataupun insang, produksi lendir tinggi, ikan berenang di permukaan air dan megap-megap dengan tutup insang terbuka serta kerap menggesek-gesekan badan ke bak pemeliharaan. Biasanya serangan parasit ini kerap berbarengan dengan penyakit vibriosis

Parasit pada Ikan Hias Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown